Selamat Bergabung...@ Asteroid_225.....^_^v

Senin, 15 Desember 2008

B3 My Self ?!#/#???

'Be My Self', kayaknya ungkapan itu udah basi banget. dari sejak di SMP -mungkin, malah sebelum itu- ungkapan itu udah jadi mantra umum. di majalah2 remaja kata2 itu sering jadi motto hidup. bahkan di majalah dewasapun banyak banget saran yang ujung2nya bilang "jadilah diri sendiri".
Aku tau arti 'be my self' itu adalah jadi diri sendiri, tapi apa maksudnya? gimana bisa jadi diri sendiri, kalo kita bahkan ga tau gimana diri kita? ga ada pelajaran khusus tentang cara mengenali aslinya diri kita, yang ada malah sekolah kepribadian. kalo untuk membentuk suatu pribadi aja ada sekolahnya, lalu buat apa ungkapan 'jadi diri sendiri' ? bukankah sekolah kepribadian ngajarin orang untuk jaga image? kalo masih jaim, apa masih bisa disebut jadi diri sendiri? sedangkan kenyataannya, jaim itu adalah sebuah belenggu untuk diri diri sendiri.
Ada lagi ungkapan yang sebelas-duabelas dengan 'be our selves' yaitu 'express ur style'. ekspresikan gayamu. gaya yang kayak gimana? ada roker yang pake kostum serba hitam, pearcing dimana-mana, rambut ga jlas bntuknya trus ditambah asesoris rante yang segede rante pager. mereka bilang "Ini gaya gue!" tapi klo kita teliti terus alasan awal mereka kayak gitu, keliatan jelas kalo mereka kayak gitu karena ngikutin tokoh favorit mereka. misal tokoh cerita tau pemain band rock idola mereka. mereka ga mau dibilang ngejiplak gaya, tapi mereka lebih suka di katakan 'mengadaptasi'. padahal apa bedanya?
bukan cuma mereka aja, disisi sebaliknya ada cewek yang sok 'girly'. color code mereka pink. dari dekorasi kamar sampe sampul diri mereka, semuanya kudu pink. dan lebih lagi, mereka ini korban mode banget. Eh, jelas mereka marah disebut korban mode. mereka maunya di sebut sbg 'stylish'. Nah, kalo kaum 'girly' ini punya alasan yang lebih beragam. ada yang ga' sengaja bergaul dengan para 'girly' jadinya kebawa arus juga. trusssss ada lagi cewek yang emang dari kecil dibiasaain ortunya jadi 'cewek banget karena tu' ortu terobsesi sama Barbie. alasan terakhir dan umum banget. mereka mau niri para artis hollywood kayak Paris Hilton atau jangan2 artis Bollywood? nah, ini bs jg di sebut sebagai korban film.
Trus.... ada juga cewek tomboy, yang ngikutin gaya Pink juga ada yang terobsesi sama Avril Lavigne. Yah, apapun itu, tetep aja intinya mereka meng copy-paste gaya orang lain.
kalo niru kayak gitu, apa bisa dibilang jadi diri sendiri? bukannya itu sama aja dengan jadi diri orang lain? atau jadi diri sendiri disini maksudnya jadi diri sendiri yang emang berjiwa plagiat?
Atau jadi diri sendiri maksudnya ngelakuin kata hati? hati pengen gini, kita berbuat gini. hati pengen gitu, kita turutin gitu. tapi kalo kayak gitu sama aja dengan nurutin nafsu kan? sedangkan, bukannya bahaya kalo nafsu diikutin terus? bisa-bisa jadi budak nafsu!!!
Atau maksudnya jadi diri sendiri dengan percaya diri dan ga' perduli kata orang lain? kalo maksud 'jadi diri sendiri' adalah ngelakuin apa yang kita mau tanpa peduli kata orang, wah, jangan2 kita malah dianggap tengil atau songong. gak selamanya diri kita baik, kalo ga peduli omongan orang, gimana bisa introspeksi? untuk masuk kriteria 'baik' ada aturan2 dan etika2 yang harus dilakuin. kalo masih terikat sama aturan, harus gini...harus gitu...jangan gini...jangan gitu.... itu sama aja masih ada kekangan buat diri kita. kalo terkekang gitu trus, gimana bisa jadi diri sendiri?
jadi...... 'be my self' itu yang kayak gimana sh? Emang ungkapan itu tepat? trus gimana caranya untuk sepenuhnya jadi diri sendiri????????????????????

0 Comments:

Post a Comment