Selamat Bergabung...@ Asteroid_225.....^_^v

Senin, 26 Januari 2009

blogger untuk pemula

Sekarang bukan hal yang aneh memiliki account blog, malah ga’ jarang orang punya lebih dari satu alamat blog. Buat yang baru kenalan dengan yang namanya BLOG, mungkin blom tau banyak tentang fasilitas satu ini. BLOG adalah aplikasi jurnal harian yang mesti sering-sering di-update untuk menunjang eksistensinya. BLOG ini mulai terkenal sejak beberapa tahun belakangan. Untuk para pecandu cyber, memiliki sebuah account BLOG yang bagus dan sering dikunjungi netter adalah sama bangganya dengan memiliki website, Cuma bedanya yang ini bersifat lebih personal.

Kehadiran BLOG lama kelamaan membentuk suatu komunitas yang berkembang menjadi kelompok-kelompok komunitas. Perkenalan pertama dengan aplikasi ini biasanya juga berawal dari tertarik dengan BLOG teman yang lucu-lucu, yang kemudian membuat seseorang itu ga’ mau kalah untuk punya suatu account BLOG yang ‘rame’. Emang ga, semua orang yang punya BLOG adalah orang-orang yang suka dengan jurnalistik. Malah banyak yang ga’ tau mau nulis apa dalam BLOG-nya, tapi itu ga bikin peminat BLOG di anggap enteng. Malah kalo kita browsing nyari suatu informasi, rata-rata kita dapet datanya dari BLOG orang yang ngebahas tentang topic yang kita butuhkan.

Malah kita bisa ketemu banyak orang-orang hebat dengan melihat isi BLOG mereka, tapi hati-hati juga ketipu. Coz…bukan hal aneh lho, yang namanya copy-paste.

Banyak layanan penyedia fasilitas BLOG, misalnya wordpress, Blogger, tripod, dan lain…lain… setiap layanan memberikan kelebihan masing-masing. Demikian juga BLOGGER. Salah satu asiknya pake layanan satu ini adalah registrasi yang ga’ ribet juga mudah untuk di ‘dandanin’.

Membuat Account

Awal dari kegiatan nge-blog tentu aja register dulu. Kalo untuk punya account di BLOGGER caranya sama sekali ga’ susah. Cukup bermodal sebuah alamat e-mail kita yang aktif. Eh ya, ada yang harus digaris bawahi. Untuk masuk dalam BLOGGER ga’ wajib punya account GOGGLE. Maksudnya, E-mail kita boleh pake apa aja selain g-mail. Misalnya, plasa, atau yang paling bejibunadalah pake e-mail-nya YAHOO.
Caranya????
1. awal dari langkah kita menuju BLOG adalah mengakses situs Blogger di http://www.blogger.com. Di halaman depan situs web itu akan ada icon CREAT YOUR BLOG NOW. Atau yang pake bahasa Indonesia BUAT BLOG SEKARANG. Hanya tinggal mengklik icon tersebut kita akan dibawa ke halaman pendaftaran. Ikuti saja langkah-langkahnya, ga’ akan susah kok kalo pengisian form-nya benar.

Buat catatan tambahan,,,, kalo ada yang belom tau gimana untuk masuk ke account blogger yang udah ada, caranya tinggal masukin alamat mail dan passwordnya di kotak SIGN IN TO BLOGGER WITH YOUR GOOGLE ACCOUNT, meski di situ tertulis with GOOGLE acountu, bukan berarti alamat email kita yang bukan pake alamat google ga bisa di pake juga. Ga da pengaruhnya kok….

2. setelah account blog kita udah jadi, banyak hal yang bisa kita lakuin untuk ngdandanin blog kita.
• Mengganti template
Untuk mengubah template, masuk dulu ke bagian layout. Kliklah link layout pada bagian pengaturan. Atau jika kita berada gi halaman lain klik tab Template.
Perhatian tambahan, kalo kita lagi ada di bagian view blog, maka klik tab ‘kostumisasi’ di kanan atas tampilan.

Setelah kita klik tab PILIH TEMPLATE,akan tampil beberapa contoh tamplete klasik. Kalo ada yang suka, tinggal di klik ajah…

Tapi kalo kita ga’ puas dengan template yang tersedia, maka kita juga bisa ambil template di source lain. Misalnya kita buka http://www.allblogtools.com. nah, di situ kita biasa dapet banyak referensi template, malah bukan Cuma itu aja. Animasi dang liter juga ada, tapi hati-hati untuk milih asesoris, kalo gap inter-pinter nge-blend-nya, bisa-bisa malah jadi boomerang buat blog kita sendiri.

Bisa juga kita buka Pimp My Profile.com trus kita pilih template blogger,. Disitu ada macem-macem kategori template gratis. Dari yang tipe cewek banget, cowok banget sampe yang gotic and kartun abis. Tapi template di layanan ini Cuma ada yang 2 colomn.
• Mengubah font dan Warna
Setelah milih template, atur juga warna tulisan yang akan di tampilkan dari warna judul, tek bahkan warna link. Masuk ke EDIT Font dan Warna.

• Mengubah tata letak elemen template.
Klik tab ELEMEN HALAMAN,
Standarnya template blog terdiri dari beberapa elemen:
- Navbar (Navigator Bar- papan navigasi), yang merupakan bawaan.
- Header, yang berada di bagian atas. Elemen ini akan berisikan nama dan deskripsi blog kita.
- Blog post, ini adalah lembaar posting kita. Bagian ini ga bisa dipindahin.
- About me, yang berisikan informasi mengenai diri pemilik blog.
- Blogr archive, yaitu daftar naskah yang pernah dipublikasikan.

Salah satu cirri elemen yang bisa kita ubah posisinya adalah warnanya. Coba lihat perbedaan antara warna blog post dan blog archive. Kotak elemen blog archive lebih tua disbanding blogpost. Cara untuk memindahkan elemen itu:
- klik kiri elemen yang mau kita pindahkan.
- Klik kira agak lama selama elemen digeser ke tempat yang kita inginkan.
- Bila elemen itu memang dapat di tempatkan pada posisi yang dipilih, maka akan tampak kotak putih. Tapi bila tidak, itu berarti posisi tersebut bukan untuk tempat melekan elemen.
• Menambah elemen template
Untuk menambah elemen di template kita caranya juga gampang banget.
- klik TAMBAH GADGET, akan tampil menu gadget yang bisa kita pilih. Misal kita ingin menambah gambar, teks atau gadget-gadget lain yang yang kita ambil dari berbagai source. Tingga ikuti perintahnya, gampang kok.
• Menambah jam. Bagian ini Cuma dipake buat gaya-gayaan blog aja, padahal sebenernya item ini ga terlalu bermanfaat. Caranya masuk ke site http://www.clocklink.com. Trus, klik pilihan Do You Want Clock in your web? Akan banyak pilihan tipe dan model jamnya, tinggal pilih sesuka hati. Trus, klik View Tag HTML, akan ada kode html-nya. Copy kode tersebut kemudian add pada pilihan tambah gadget HTML/ Javascript.

Selanjutnya tinggal kreasi masing-masing, and blog itu mencerminkan ownernya. Kalo ma uterus ngembangin potensi yang ada dib log, trus aja mengutak-atik tapi jangan enggan buat sharing sama yang lainnya juga ya……

0 Comments:

Post a Comment